Samsung, Apple, Xiaomi, Asus, Lenovo, BB, dll

Sunday 23 September 2018

Tips Membuat Baterai Smartphone Android Awet dan Tahan Lama

Tips Jitu Membuat Baterai Smartphone Android Tahan Lama

Tips Membuat Baterai Smartphone Android Awet dan Tahan Lama - Cara membuat baterai smartphone Android tahan lama – Smartphone Android merupakan sebuah perangkat yang dirancang khusus untuk mempermudah segala pekerjaan manusia. Smartphone yang memiliki kemampuan bak PC ini ternyata, selain bisa melakukan berbagai pekerjaan seperti membuat document, membuat bahan presentasi, sebagai alat komunikasi, ternyata smartphone ini sangat haus akan daya.

Kehausan akan daya pada smartphone Android bisa terjadi karena beberapa sebab. Namun, rata – rata sebab yang menyebabkan baterai suatu perangkat Android cepat habis adalah karena kesalahan penggunanya sendiri. Beberapa para pengguna Android hanya mengetahui fungsi dan kegunaan smartphone tersebut tanpa mengetahui resiko akan aktifitas yang dilakukannya.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan beberapa tips jitu yang bisa membuat baterai smartphone Android kita bisa tahan lama. Mau tau seperti apa tips jitunya? Yuk simak selengkapnya pada ulasan dibawah ini!

1. Matikan Sinkronasi
Tahukah Anda apa itu sinkronasi? Sinkronasi merupakan kegiatan pengiriman data dari sebuah perangkat ke server. Kita ketahui bahwa sejatinya smartphone Android merupakan smartphone yang selalu terhubung ke internet, maka tidak menutup kemungkinan bila nantinya aplikasi yang terpasang pada smartphone Anda melakukan sinkronasi pada server mereka masing – masing.

Ketika kita berhasil login menggunakan akun kita pada Android, maka secara otomatis fitur sinkronasi ini akan bekerja untuk mengirimkan data kita dari smartphone ke server atau dari server ke smartphone. Kegiatan transfer inilah yang nantinya akan memakan banyak daya sekaligus memakan banyak kuota. Untuk mengatasi hal ini, cara yang bisa kita tempuh adalah dengan mematikan fitur sinkronasi yang bisa kita akses melalui navbar dan juga bisa juga dengan masuk melalui menu setting  akun  sinkronasi off.

2. Tutuplah Aplikasi Dengan Benar
Terkadang banyak para pengguna smartphone Android ketika selesai membuka sebuah aplikasi, mereka langsung menutupnya hanya dengan menekan tombol home. Memang cara ini sangatlah praktis digunakan, namun tahukah Anda bila dengan menekan tombol home untuk berpindah ke aplikasi lain bukan merupakan cara untuk menutup sebuah aplikasi?

Dengan menekan tombol home untuk berpindah ke aplikasi lain, maka sejatinya aplikasi tersebut tidak tertutup, melainkan hanya di minimize. Aplikasi yang terminimize ini ternyata tetap berjalan pada latar belakang, maka tak heran bila smartphone Anda semakin mudah panas dan baterainya cepat habis.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan cara dengan menutup aplikasi secara benar, yakni dengan cara menekan tombol back sampai opsi peringatan keluar tampil. Atau juga bisa dengan cara mengahapus sisa history pada recent task.

3. Gunakan Sewajarnya
Kesalahan yang sering menyebabkan baterai Android cepat habis adalah kesalahan pengguna itu sendiri. Kita tahu bahwa sejatinya smartphone Android merupakan smartphone yang bisa digunakan untuk mempermudah berbagai macam kegiatan manusia, oleh karena itu gunakanlah smartphone kalian sewajarnya saja.

Jika Anda menggunakan smartphone untuk bermain game, utamanya game HD, maka tak heran bila baterai smartphone Anda habis tidak lebih dari dua jam. Hal ini mengingat fungsi utama smartphone adalah untuk mempermudah komunikasi antar manusia diseluruh dunia, bukan untuk bermain game.

Jadi mulai sekarang, gunakanlah smartphone kalian secara bijak dan dalam mode yang sewajarnya. Mengingat kapasitas sebuah smartphone sangatlah sedikit ketimbang kapasitas sebuah PC. Itulah pembahasan mengenai Tips Jitu Membuat Baterai Smartphone Android Tahan Lama yang patut Anda simak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Membuat Baterai Smartphone Android Awet dan Tahan Lama

0 comments:

Post a Comment