Samsung, Apple, Xiaomi, Asus, Lenovo, BB, dll

Monday 27 January 2020

Cara Menghindari Penipuan Ransomware via Email

Semakin maju teknologi maka akan semakin maju pula modus-modus penipuan yang semakin marak dan menjamur di masyarakat mengikuti perkembangan teknologi tersebut seperti misalnya penipuan melalui internet atau via online. belakangan ini sedang marak terjadi penipuan yang menggunakan ransomware sebagai media utamanya dengan menggunakan email pengguna sebagai incarannya. Apa itu ransomware? Bagaimana cara ransomware masuk dan bisa membahayakan pengguna email? Bagaimana cara menghidari ransomware tersebut? kali ini kita akan membahas tentang semua hal tersebut agar anda lebih bijak dan wasapada lagi dalam berselancar menggunakan internet untuk keperluan aktifitas sehari-hari anda.

Cara Menghindari Penipuan Ransomware via Email
Ransomware

Apa itu ransomware?

Ransomware adalah bagian dari malware, sedangkan malware itu sendiri adalah sebuah perangkat lunak seperti virus di komputer yang sangat berbahaya untuk komputer anda. di dalam malware tersebut terdapat ransomware yang mana bisa mengendalikan komputer pengguna yang telah terinfeksi malware tersebut sehingga komputer tersebut baru bisa di gunakan jika di tebus dengan imbalan tertentu kepada hacker yang mengendalikan ransomware tersebut. oleh karena itu anda harus berhati-hati dalam menggunakan internet terutama ketika anda mendaftar ke berbagai situs yang mengahsruskan anda memasukan alamat email, pastikan bahwa situs tersebut aman dan terpercaya agar anda bisa terbebas dari serangan ransomware tersebut.

Bagaimana komputer terinfeksi ransomware

Pertanyaan yang sering muncul di dalam benak para pengguna internet ialah bagaimana cara ransomware menyerang suatu komputer. Biasanya ransomware menyerang komputer korban dengan cara memasukan tautan pada email yang telah di kirimkan ke email korban. cara kerjanya, hacker akan mengirimkan email tautan yang berisi ransomware kepada email korban kemudian jika korban membuka tautan tersebut maka secara otomatis ransomware akan menyerang komputer dan komputer korbn akan di ambil alih oleh hacker tersebut untuk kemudian di hack dan meminta tebusan jika korban ingin komputernya kembali normal seperti sedia kala.

Baca juga : Cara Mengatasi Google Playstore Terhenti

Menghindari Penipuan Ransomware via Email
Ransomware via Email

Cara kerja virus ransomware

Jika anda sebagai korban dan telah terlanjur membuka tautan yang berisi ransomware maka hacker akan mengambil alih komputer anda sepenuhnya bahkan hacker tersebut bisa mengubah, memakai akun anda bahkan menghapus data maupun informasi pribadi anda dengan sesuka hati. Komputer yang terkena ransomware biasanya akan berubah layarnya menjadi layar berwarna hitam dengan hanya ada tulisan yang berisi instruksi dari hacker untuk penebusan komputer tersebut. jika korban menyetujui dan menebus sesuai dengan yang hacker inginkan maka hacker akan mengembalikan komputer korban seperti semula setelah korban memenuhi keinginannya seperti misalnya mentransfer sejumlah uang sesuai kesepakatan.

Tips menghindari serangan ransomware

Untuk anda yang menggunakan email dan komputer sebagai bagian dari pekerjaan anda maka anda harus berhati-hati agar komputer anda tidak terkena serangan virus ransomware yang mengerikan ini, untuk itu berikut beberpa langkah yang perlu anda perhatikan agar anda terhindar dari serangan ransomware yang berbahaya.
  • Selalu waspada dengan email yang masuk, perhatikan dengan teliti sebelum anda mengklik atau membuka tautan maupun lampiran pada email. Karena sering kali banyak hacker yang menyamar menggunakan email yang biasa anda buka sehingga anda mudah percaya tanpa ragu membuka email tersebut.
  • Mnginstal aplikasi anti virus atau anti malware pada komputer anda adalah cara yang terbaik karena dengan begitu anda akan terhindar dari serangan ransomware karena sudah terlindungi oleh aplikasi anti virus yang telah terpasang di komputer anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghindari Penipuan Ransomware via Email

1 comments:

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160 thousand women and men are using a simple and secret "liquid hack" to drop 2lbs each and every night in their sleep.

    It is simple and it works with everybody.

    Here's how to do it yourself:

    1) Hold a clear glass and fill it up with water half glass

    2) Proceed to do this crazy HACK

    and become 2lbs lighter the next day!

    ReplyDelete